Sabtu, 24 Juli 2010

Kenaikan Pangkat Tamtama TNI AL

Setelah melalui pendidikan dasar kemiliteran seorang prajurit tamtama akan diangkat dengan menyandang pangkat pertama prajurit dua atau prada sedangkan di lingkungan TNI AL khususnya Pelaut menyandang pangkat Kelasi Dua atau KLD, Sedangkan Korps Marinir TNI AL tetap menyandang pangkat Prajurit dua.
Seringkali peraturan persyaratan kenaikan pangkat itu berubah ubah, kadang menguntungkan bagi prajurit itu sendiri dan tidak sedikit yang mengalami kerugian dengan aturan kenaikan pangkat tersebut.
Sebelumnya, tingkatan kepangkatan Tamtama hanya ada 4 (empat) tingkatan kepangkatan yaitu :

1. Prajurit dua (Prada) / Kelasi Dua (KLD) bisa naik pangkat setelah 2 (dua) tahun)









2. Prajurit Satu (Pratu) / Kelasi Satu (KLS) bisa naik pangkat setelah 4(empat) tahun.







3. Kopral Dua (Kopda) bisa naik pangkat setelah 4 tahun, kopda nol tahun bisa mengikuti pendidikan bintara.





4. Kopral Satu (Koptu)








Sebelum tahun 1997, dengan hanya 4 tingkat kepangkatan dan masa kenaikan pangkat yang singkat maka seorang tamtama bisa/boleh mengikuti pendidikan Bintara saat usia masih 25-26 tahun. karena saat itu dengan peraturan masa kerja Seorang Kopral Dua dengan masa kepangkatan Nol tahun, sedangkan Pangkat Kopda diraih pada usia 24-25 tahun.
Dengan asumsi ketika masuk TNI AL saat usia 18-19 tahun, maka usia mimimum untuk mengikuti pendidkan bintara saat usia 24-25 tahun, atau bila menjadi TNI AL saat usia 21-22 maka usia minimum dapat mengkuti pendidkan Bintara saat usia 27-28 tahun, masih muda bukan.
Sehingga, pada saat pensiun nanti di usia 48 tahun (20 tahun masa kerja menjadi bintara) yang bersangkutan bisa meraih kepangkatan bintara Sersan Mayor (Serma) bahkan bisa juga Pembantu Letnan Dua (Pelda).

Namun seiring berjalannya waktu dan pergantian pimpinan yang merupakan kebijakan tingkat atas, maka tingkatan kepangkatan tamtama ditambah dengan adanya kepangkatan Prajurit Kepala dan Kopral kepala dengan susunan menjadi :
1. Prajurit Dua / Kelasi Dua, dapat naik pangkat setelah 4 (empat) tahun.
2. Prajurit Satu / Kelasi Satu, dapat naik pangkat setelah 4 (empat) tahun.


3. Prajurit Kepala / Kelasi Kepala, dapat naik pangkat setelah 5 (lima) tahun.





4. Kopral Dua, dapat naik pangkat setelah 5 (lima) tahun.
5. Kopral satu, dapat naik pangkat setelah 5 (lima) tahun.



6. Kopral kepala.







Dengan melihat tingkatan diatas, apabila masih menggunakan aturan pendidikan bintara bisa diikuti oleh tamtama berpangkat Kopral dua dengan masa kepangkatan Nol tahun, maka usia minimum dapat diikuti saat usia 31 tahun.
Namun pada kenyataannya, peraturan yang selalu berubah, hingga akhirnya saat ini seorang tamtama dapat mengikuti pendidikan Bintara dengan pangkat Kopral dua dengan masa kepangkatan 4 (empat) tahun, itupun harus ditambah dengan ijazah umum SMA dan umur minimum 35 tahun dan maksimum 40 tahun.
Jadi bila prajurit tamtama tersebut hanya memiliki ijazah SMP, maka dapat mengikuti pendidikan bintara dengan pangkat Kopral Kepala.
Kalau pangkat sudah kopral kepala, masih tidak bisa mengikuti kesempatan pendidikan bintara secara reguler karena usia sudah melewati 40, maka masih ada kesempatan untuk meraih pangkat bintara dengan pendidikan bintara secara kilat (cukup 3 bulan pendidikan tapi dengan syarat usia 47 tahun dan pangkat Kopral kepala.
Saat ini usia pensiun seorang tamtama pada saat usia 53 tahun, yang sebelumnya hanya 48 tahun.

14 komentar:

Unknown mengatakan...

Misal KLD ke KLS itu 4 thun stlah KLD atau 4 tahun dr awal??

Unknown mengatakan...

Misal KLD ke KLS itu 4 thun stlah KLD atau 4 tahun dr awal??

Unknown mengatakan...

Kalau misalkan ada salah satu saja prajurit tamtama yang baik dalam segala aspek lah misal. Ini apa masih harus mengikuti persyaratan di atas

Unknown mengatakan...

Dihitung dari pangkat terakhir Kld ke kls 4 tahun,setelah naik kls maka 4 tahun lagi baru bisa naik klk

Jolodong mengatakan...

Nunggu 35 thn baru bisa ,serda 😰😰😰 lama bgt..

Unknown mengatakan...

Bisa tidak seorang tamtama menjadi seorang perwira

Unknown mengatakan...

Bisa tidak seorang tamtama menjadi seorang perwira

Lia Indriani mengatakan...

Kalo mau cepet.. Ya masuk SECABA pak

orang biasa mengatakan...

Mo lebih cpt lg mknya ambil ipa dgn nilai min 7,5 ikutnya akabri bos..
Ato kuliah dlu nntn dftr PK Tni (perwira karir) min ipk 2,8 untuk unv. Negri klo swasta yo ipk 3,00. Ikutan yes tamtama susah pa lg mo bintara n akabri.

orang biasa mengatakan...

Dari kld ke kls tu 2thn. Dr kls ke klk 4 thn. Dr kls ke kopda 4-5thn biasanya kalo tanpa hambatan alias lancar. Klo ada masalah ya bs tunda pangkat brp periode. Maaf sebelumnya mbak,sdrnya yg mo daftar ato mbk calonnya dr kld? Klo calonnya ns tnykn lbh lnjt untuk peraturan yg br bagaimana.

rossa stanley loan mengatakan...

Apakah Anda membutuhkan kredit yang mendesak?

* Transfer Sangat Cepat dan Instan ke rekening bank Anda
Bayar kembali bulan setelah Anda mendapatkan pinjaman di bank Anda
akun bank
* Suku bunga rendah 2%
* Pembayaran jangka panjang (1-30) Tahun Panjang
* Pinjaman fleksibel dan gaji bulanan
*. Berapa lama untuk membiayai? Setelah mengajukan pinjaman
Anda mungkin mengharapkan jawaban awal kurang dari 24 jam
pembiayaan dalam 48 jam setelah menerima informasi yang mereka butuhkan
Dari para kru Di perusahaan pinjaman ROSSA STANLEY, kami adalah perusahaan pembiayaan yang berpengalaman yang menyediakan fasilitas pinjaman yang mudah, tulus, serius, korporasi, hukum dan publik dengan bunga 2%. Kami memiliki akses ke koleksi uang tunai untuk diberikan kepada perusahaan dan mereka yang memiliki rencana untuk memulai bisnis tidak peduli seberapa kecil atau besar, kami memiliki uang tunai. Yakinlah bahwa kesejahteraan dan kenyamanan Anda adalah prioritas utama kami, mengapa kami di sini untuk mengurus pemrosesan pinjaman Anda.

Hubungi perusahaan pinjaman yang sah dan dapat dipercaya dengan rekam jejak layanan yang memberikan kebebasan finansial kepada Perserikatan Bangsa-Bangsa.
Untuk informasi lebih lanjut dan pinjaman yang diminta untuk mengatur bisnis Anda, beli rumah, beli mobil, liburan, hubungi kami melalui,

E-mail resmi: rossastanleyloancompany@gmail.com
Instagram resmi: Rossamikefavor
Twitter Resmi: Rossastanlyloan
Facebook resmi: rossa stanley mendukung
CSN: +12133153118
untuk respon cepat dan cepat.
Silakan mengisi formulir aplikasi di bawah ini dan kami akan menghubungi Anda lagi, Kami tersedia 24/7

DATA PEMOHON

1) Nama Lengkap:

2) Negara:

3) Alamat:

4) Jenis Kelamin:

5) Status Perkawinan:

6) Pekerjaan:

7) Nomor Telepon:

8) posisi di tempat kerja:

9) Penghasilan Bulanan:

10) Jumlah Pinjaman yang Dibutuhkan:

11) Jangka Waktu Pinjaman:

12) nama facebook:

13) Nomor Whatsapp:

14) Agama:

15) Tanggal lahir:

SALAM,
Mrs.Rossa Stanley Favor
ROSSASTANLEYLOANCOMPANY
Email rossastanleyloancompany@gmail.com

Unknown mengatakan...

Bisa bro..bapakku dulu masuk polisi dr tamtama (jaman masuk masih hanya ada jalur polair dan brimob) 2016 kmrn pensiun AKP (kapten).

Unknown mengatakan...

Teman saya baru jadi TNI AL 2018 thn lalu, pngkt masih KLD berrti utk ke KLS naik pangaktnya nunggu 2 th lg baru bisa jadi pratu?

Teddy mengatakan...

Kabar baik!!!

Nama saya teddy dan saya dari Jawa Tengah Indonesia dan alamat saya KP. KADU RT 10 RW 04 KEL SUKAMULYA KEC CIKUPA KAB TANGERANG BANTEN, Saya baru saja menerima pinjaman Rp 3 Miliar (Small Business Admintration (SBA) dari Perusahaan Pinjaman Dangote setelah membaca artikel dari Lady Jane Alice (ladyjanealice@gmail.com) dan Mahammad Ismali (mahammadismali234@gmail.com) tentang cara mendapatkan
pinjaman dari Perusahaan Pinjaman Dangote dengan tingkat bunga 2% tanpa lisensi atau biaya gurantor, saya baru saja melamar melalui email dan ikhlas selama prosesnya, awalnya saya takut mengira itu seperti penipuan perusahaan peminjaman sebelumnya, tetapi yang mengejutkan saya ini nyata bahwa saya juga berjanji akan memberi tahu lebih banyak orang, percayalah itu nyata 100%, pelamar lain dari negara lain juga dapat bersaksi.

Email Perusahaan Pinjaman Dangote Melalui email: Dangotegrouploandepartment@gmail.com

Email saya: teddydouble334@yahoo.com