Minggu, 18 November 2012

adaptasi

seorang teman dari jawa barat bertanaya "Lho,pak kok bisa bahasa sunda".
Ternyata dia belum tau bahwa saya juga berasal dari Jawa Barat, namun sehari hari menggunakan bahasa jawa dan bahasa Indonesia.
memang aneh sih, kantor kami berada di jakarta (lebih dekat dgn Jawa Barat), tapi personilnya sebagian besar berasal dari suku jawa, tentu saja bahasa sehari hari kebanyakan menggunakan bahasa Jawa dan bahasa Nasional.
tapi hal ini buat saya menjadi suatu menarik, karena rekan sendiri saja menjadi tidak mengenal identitas daerah asal saya kalau saya tidak memberitahukannya.
Saya bisa berbahasa Jawa (tapi Jawa Surabaya) karena sewaktu penempatan tugas pertama kali di Surabaya dan juga mendapatkan jodoh dari Surabaya juga. Otomatis selama di Surabaya saya sedikit demi sedikit belajar menggunakan bahasa Jawa. Selain untuk berinteraksi di luar juga berkomunikasi dengan keluarga.
Akhirnya setelah pindah tugas ke jakartapun berbahasa setiap haripun seperti itu, tentu tetap ingat dengan bahasa daerah. saya menggunakan bahasa Sunda apabila berkomunikasi dengan teman sesama dari jawa Barat.
Intinya dari cerita saya adalah dimanapun kita berada, kita harus bisa beradaptasi dengan lingkungan baru yang kita tinggali. janganlah menyerah untuk menyesuaikan dengan lingkungan baru karena efeknya kita kalau tidak bisa menyesuaikan tempat baru kita tidak akan kerasan atau tidak betah. Yang pertama dalam adaptasi adalah bahasa terlebih dahulu, kemudian budaya dan makanan yang akhirnya jodoh kalau memang laku hehehehe.....

Tidak ada komentar: